Reklame penting bagi pebisnis yang hendak mempromosikan produk dan jasanya ke masyarakat luas. Berikut ini merupakan pengertian reklame dan contohnya yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Reklame

Reklame merupakan bagian penting dari strategi pemasaran bisnis terutama untuk mengenalkan produk dan jasa yang Anda tawarkan ke masyarakat. Sayangnya, karena kurangnya informasi mengenai pengertian reklame dan contohnya serta jenis-jenisnya, banyak pebisnis yang salah memilih jenis reklame untuk promosi. Akibatnya, tujuan promosi bisnis pun tak tercapai. 

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda perlu mengetahui pengertian reklame dan contohnya terlebih dahulu. Kata reklame memiliki arti seruan atau ajakan yang berulang-ulang. Ajakan yang berulang-ulang ini memiliki tujuan yakni mengajak, menghimbau, menginformasikan atau menawarkan suatu produk dan jasa dengan cara yang unik sehingga masyarakat pun tertarik.

Jenis Reklame

Setidaknya ada beberapa macam jenis reklame yang dikelompokkan menurut tujuan pembuatannya, tempat pemasangan dan media pemasangan. Beberapa jenis reklame tersebut diantaranya :

                     Reklame menurut tujuan pembuatannya

Reklame menurut tujuan pembuatannya terbagi menjadi dua jenis yakni reklame komersial dan reklame non komersial. Reklame komersial memiliki tujuan untuk kepentingan bisnis terutama untuk mencari keuntungan. Reklame ini dipakai oleh pemilik bisnis baik swasta maupun badan usaha negara. Sedangkan reklame non komersial memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi, mengajak masyarakat untuk melakukan pesan yang terdapat di dalam reklame. Reklame non komersial sering dipakai oleh pemerintah maupun lembaga sosial dan organisasi kemasyarakatan.

                     Reklame menurut tempat pemasangannya

Menurut tempat pemasangannya, reklame terbagi menjadi reklame indoor dan reklame outdoor. Reklame indoor dipasang di dalam ruangan dengan luasan yang terbatas. Reklame ini bisa berupa poster atau banner dengan kaki x. Sedangkan reklame outdoor dipasang di luar ruangan dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan karena ukuran tempat pemasangannya pun tak terbatas. Reklame outdoor ini sering ditemui dalam bentuk baliho, spanduk, brosur atau iklan yang ditampilkan di videotron.

                     Reklame menurut media pemasangan

Menurut media pemasangannya, reklame terbagi menjadi 3 yakni reklame audio, reklame visual dan reklame audio-visual. Reklame berbentuk audio hanya memiliki suara tanpa gambar. Reklame seperti ini biasa ditemui di iklan radio. Reklame visual menggunakan sarana berupa obyek yang bisa dilihat seperti gambar atau video saja tanpa suara. Sedangkan reklame audio-visual merupakan media gabungan dari audio dan visual sehingga bisa menampilkan gambar bergerak lengkap dengan suaranya.

Contoh Reklame

Dengan mengetahui pengertian dan contoh reklame, Anda akan semakin mudah mengenali reklame ketika menemuinya. Contoh reklame yang sering kita lihat diantaranya baliho di pinggir jalan, iklan di surat kabar, iklan di televisi dan radio, brosur yang disebarkan di perempatan jalan, poster yang dipasang di halte bus, dinding gedung atau majalah dinding dan reklame yang sering muncul di videotron. Anda bisa menggunakan contoh reklame tersebut atau yang ada di https://perfectoutdoormedia.com sebagai acuan untuk membuat reklame yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. 

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!