Istilah “iklan” pasti sudah tidak lagi asing di telinga Anda. Sebab setiap hari kita terpapar oleh berbagai jenis iklan, mulai dari iklan produk untuk kepentingan promosi maupun iklan himbauan yang dirilis oleh pemerintah.

Akan tetapi, apa sebenarnya tujuan iklan itu sendiri? Bagi Anda yang masih kebingungan, ulasan tentang tujuan iklan berikut ini semoga dapat membantu Anda. Selamat membaca!

Untuk Memberikan Informasi

Maksud dari salah satu tujuan iklan yang satu ini adalah untuk memberikan informasi kepada pasar tentang keberadaan sebuah produk. Karena itu di dalam sebuah iklan pun terkandung informasi yang akurat mengenai produk tersebut, dan informasi yang ada tidak boleh mengandung unsur kebohongan, mengandung informasi yang dapat merugikan konsumen, dan informasi yang tidak akurat.

Untuk Membentuk Citra (Image)

Sebagai media pemasaran, iklan bertujuan membentuk citra sebuah barang atau jasa di tengah audiens. Tentunya citra yang ingin dibentuk adalah citra yang positif, sebab produk dengan citra baik jelas akan lebih mudah menarik perhatian audiens. Karena itulah informasi di dalam iklan harus akurat.

Untuk Memperlancar Promosi

Tentunya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi soal tujuan iklan yang satu ini, terutama untuk iklan niaga atau iklan produk. Sedangkan untuk iklan non niaga, tujuan yang ini dapat tercermin dari upaya dalam mengkampanyekan sebuah program agar tersebar di tengah masyarakat luas.

Baik itu memperlancar promosi produk atau sebuah kampanye non-komersial, tujuan iklan yang satu ini juga berkaitan dengan efisiensi biaya promosi atau pemasaran. Sebab, dengan demikian pemilik iklan dapat menjangkau masyarakat luas hanya dengan memanfaatkan media komunikasi yang ada, dan bukannya mempromosikan secara langsung atau tatap mata.

Untuk Memperkenalkan Identitas Suatu Organisasi

Selain memperkenalkan produk barang maupun jasa, iklan juga dapat dimanfaatkan dalam memperkenalkan identitas dari sebuah organisasi, baik itu organisasi bisnis atau non-bisnis (misalnya organisasi non-laba seperti WHO dan UNICEF).

Untuk Membujuk Agar Konsumen Membeli atau Menggunakan Produk

Untuk iklan produk, tentu saja iklan bertujuan untuk memperkenalkan produk dan agar audiens tertarik untuk menggunakan atau membeli produk tersebut. Baru dengan begitu sebuah iklan dianggap telah berhasil. Karena itulah bahasa iklan harus bersifat membujuk atau persuasif agar konsumen melakukan apa yang dikehendaki oleh penyedia produk (membeli atau menggunakan), tapi tanpa merasa seolah-olah bahwa mereka sudah dipengaruhi untuk melakukan tindakan tersebut.

Untuk Memberikan Nilai Tambah

Salah satu tujuan iklan lainnya adalah untuk memberi nilai tambah terhadap sebuah produk di mata para konsumen dengan cara mempengaruhi persepsi mereka. Karena itulah konsumen akan merasa bahwa suatu produk nampak lebih berkualitas, baik, dan unggul jika dibandingkan dengan produk sejenis produksi perusahaan pesaing.

Itulah beberapa tujuan iklan yang utama. Perfect Outdoor Media juga dapat membantu Anda untuk membuat iklan seperti di Billboard.

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!