Bagi pelaku usaha Periklanan seperti The Perfect Media, Tentunya mengetahui Informasi daftar TOP 20 Pengiklan Terbesar di TV dan Media Cetak Nasional menjadi sangat penting.
Berikut Informasi berdasarkan hasil survey dari Nielsen Indonesia 2017, dimana daftar ini dapat dijadikan patokan mengetahui seberapa besar brand di Indonesia yang aktif mengiklankan produknya :

PRODUCT RANK JAN – AUG 2017 (in Rp. Billion)
TRAVELOKA.COM – WEBSITE 1 761.2
MEIKARTA CIKARANG – APARTEMENT 2 696.7
INDOMIE – INSTANT NOODLE 3 672.5
SAMSUNG – GSM MULTICARD HANDPHONE 4 517.5
VIVO – GSM MULTICARD HANDPHONE 5 488.6
SGM EKSPLOR 1 PLUS – GROWING UP MILK 6 456.2
MARJAN BOUDOIN – SYRUP 7 448.9
CLEAR ANTI KETOMBE – SHAMPOO 8 389.7
VANISH CAIR – LIQUID STAIN REMOVER 9 385.8
PANTENE ANTI KETOMBE – SHAMPOO 10 385.3
CAP BANGO – SOYA SAUCE 11 377.2
KEMENTRIAN KESEHATAN RI – MINISTRY 12 368.1
AQUA – MINERAL WATER 13 364.3
HEAD & SHOULDERS ANTI DANDRUFF – SHAMPOO 14 356.2
PEPSODENT – TOOTH PASTE 15 349.4
DOVE NUTRITIVE SOLUTION TOTAL DAMAGE TR 16 346.4
BEBELAC 3- GROWING U MILK 17 343.3
OPPO – GSM MULTICARDS HANDPHONE 18  339.2
DANCOW 1+ MADU – GROWING UP MILK 19 332.0
SPRITE – SOFT DRINK 20 330.1
GRAND TOTAL   95,264.9 

Sumber data:
Nielsen Indonesia 2017. Seluruh belanja iklan berdasarkan perhitungan bruto (gross rate) tanpa menghitung diskon, bonus, promo dan lain-lain.

Dikutip dari ADVERTISING-INDONESIA.id , Saat ini Iklan Traveloka masih memimpin sebagai pembelanja Iklan terbanyak, Disusul oleh iklan Meikarta yang berada di ranking ke-2. Meikarta mencengangkan publik dan industri periklanan Indonesia. Pertama kalinya dalam sejarah periklanan Indonesia Meikarta beriklan berhalaman-halaman di media cetak ternama yang dikenal memiliki tarif iklan termahal di Indonesia. Iklan Meikarta di TV dan Print memang sangat kuat dengan eksekusi iklan yang baik. Kehadiran iklan Meikarta menggeser iklan yang sebelumnya banyak berasal dari kategori FMCG. Dari data ini muncul pertanyaan; Apakah daya beli masyarakat memang turun sehingga para pemilik brand FMCG enggan menggelontorkan duitnya di media konvensional? Atau FMCG sekarang mengalihkan belanja iklannya ke platform lain seperti digital?

Aktifitas lain yang menarik adalah belanja iklan Samsung dan Vivo. Samsung berada di ranking ke-4 sedangkan Vivo ada ranking ke-5. Keduanya memiliki belanja iklan yang hampir sama kuatnya sekaligus menandakan berapa banyak TARPS yang diraih Samsung dan Vivo hingga bisa berdampak pada SOV. Dari data inilah kita sudah bisa memprediksi bahwa pertarungan antara Samsung dan Vivo di Indonesia mulai memasuki tahap brand preference dan tinggal bagaimana produk Samsung dan Vivo bisa memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia. Pertarungan Samsung dan Vivo tentu akan menarik dari sisi efek komunikasi dan menyisakan brand Oppo yang berada di ranking ke-18.

Data pengiklan terbesar ini menjadi sinyal bahwa bisnis FMCG masih mendominasi industri periklanan. Meskipun Meikarta membelanjakan iklan dengan sangat besar, namun brand di kategori FMCG masih membutuhkan media konvensional untuk beriklan meski aktifitas beriklan di platform digital cukup ramai pada saat ini.

TPM - Traveloka @ Soekarno Hatta Jakarta International Airport

Traveloka @ Soekarno Hatta Jakarta International Airport

TPM - Traveloka @ Soekarno Hatta Jakarta International Airport

Traveloka @ Soekarno Hatta Jakarta International Airport

TPM - Traveloka @ Soekarno Hatta Jakarta International Airport

Traveloka @ Soekarno Hatta Jakarta International Airport

TPM - Traveloka @ Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang International Airport

Traveloka @ Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang International Airport

TPM - Traveloka @ Kuala Namu Medan International Airport

Traveloka @ Kuala Namu Medan International Airport

Sebagai salah satu partner kerja dari Traveloka di Bandara Indonesia, The Perfect Media Sudah pasti akan selalu memberikan layanan jasa media periklanan terbaik untuk klien terbesar di Indonesia ini. Ingin Beriklan? Call The Perfect Media.

 

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!