Contoh iklan barang yang beredar di masyarakat sangatlah banyak. Pada umumnya, barang-barang yang laris dan banyak penggemarnya adalah barang-barang konsumtif atau barang yang sering dibeli masyarakat. Tak ayal, persaingan dalam pembuatan iklan pun terjadi. Masing-masing menyuguhkan kreativitasnya yang unik dan berbeda sehingga mampu menarik minat penonton untuk membelinya. Berikut ini contoh iklan barang serta hal-hal penting yang harus diperhatikan pada saat membuat iklan barang.

Contoh Beberapa Iklan Barang

Sesuai namanya, iklan barang adalah promosi yang dilakukan untuk menawarkan suatu produk (berbentuk fisik). Berikut ini contoh iklan yang termasuk dalam kategori ini:

  1. Iklan minuman;
  2. Iklan makanan;
  3. Iklan barang elektronik;
  4. Iklan obat-obatan;
  5. Iklan kebutuhan dapur; dan sebagainya.

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Membuat Iklan

Membuat iklan, terlebih iklan barang, tidak boleh sembarangan. Untuk bisa merebut hati konsumen, membuat iklan yang unik dan memberikan kesan mendalam sangat dibutuhkan. Berikut ini beberapa hal penting jika Anda akan membuat iklan barang:

1. Membuat Tagline yang Berkesan

Tagline merupakan kunci sukses sebuah iklan produk. Tagline adalah sebuah kalimat menarik dalam iklan yang mudah diucapkan, mudah diingat, mengena, dan langsung masuk ke benak setiap orang yang melihat atau mendengar iklan tersebut. Sehingga, begitu tagline tersebut dilihat atau didengar, masyarakat sudah langsung bisa membayangkan produk yang dijual tersebut.

2. Alur Cerita

Jika iklan yang digunakan berupa audio visual, jangan lupa untuk memberikan alur cerita yang unik. Sebab, alur cerita yang unik akan lebih mudah terekam dalam ingatan penonton. Tidak hanya itu, penonton juga tidak akan bosan untuk melihat iklan tersebut. Memang, durasi penayangan iklan pada umumnya dibatasi hanya beberapa menit saja. Oleh karena itu, gunakan waktu sesingkat tersebut untuk memberikan alur yang maksimal.

(Baca juga: Contoh Iklan Minuman yang Menguntungkan)

3. Kombinasi Warna

Penggunaan kombinasi warna yang baik juga sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan warna yang menjadi warna brand dari produk tersebut. Sebagai contoh, jika brand menggunakan dominasi warna oranye putih, gunakan warna-warna tersebut untuk memasangkan iklan. Dengan demikian, masyarakat sudah bisa langsung mengenal produk yang ditawarkan meskipun belum sepenuhnya menyaksikan atau membaca iklan yang ditampilkan.

4. Tokoh Pemeran

Tak bisa dipungkiri, tokoh yang ditampilkan dalam iklan juga memberi peran penting dalam menarik konsumen untuk ikut juga menggunakan produk yang ditawarkan. Tak heran jika banyak contoh iklan barang yang menampilkan wajah tokoh-tokoh penting atau artis terkenal untuk ikut menawarkan produk tersebut. Namun, jika Anda juga tertarik menggunakan trik ini, jangan lupa untuk meminta ijin dan memberikan hak bagi hasil kepada yang bersangkutan.

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!