Sebelum mencari contoh iklan komersial, ada baiknya apabila anda kenali terlebih dahulu apa yang disebut dengan iklan komersial itu sendiri. Iklan komersial dikenal sebagai jenis iklan yang memiliki tujuan khusus, utamanya untuk mendapatkan keuntungan atau menghasilkan nilai ekonomi tertentu. Tidak heran jika kemudian jenis iklan yang satu ini banyak digunakan untuk proses pemasaran produk atau bahkan layanan jasa. Sebaliknya dari iklan komersial, ada pula jenis iklan non komersial, yaitu jenis iklan yang ditujukan untuk kepentingan sosial, karena itulah jenis iklan yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan iklan untuk layanan masyarakat, dan tentunya tidak bertujuan untuk mengenalkan atau bahkan memasarkan produk serta layanan jasa tertentu.

Berbicara mengenai iklan komersial, umumnya ia tampil pada beberapa jenis media yang lebih beragam dimulai dari penggunaan radio, audio visual atau televisi, video animasi yang terdapat di youtube, cd, dvd, atau bahkan menggunakan reklame serta koran. Namun dari sekian banyak jenis iklan tersebut, salah satu iklan komersial yang paling banyak menyita perhatian adalah bentuk reklame atau bahkan baliho yang umumnya terpampang di pinggir jalanan protokol. Mengapa demikian? Karena selain tampil unik dengan foto atau gambar yang dimilikinya tulisan yang terdapat di dalam reklame. Baliho iklan itu pun umumnya menunjukkan ciri tersendiri yang membuat orang merasa tertarik untuk melihatnya.

Teks iklan

Jika dilihat secara sekilas teks iklan yang terdapat di papan reklame tersebut tentunya digunakan untuk memperkenalkan produk serta jasa yang dimilikinya kepada masyarakat dan siapapun yang melihatnya. Namun tentu saja ada yang membedakan teks iklan komersial dengan beberapa jenis teks lainnya. Perbedaan tersebut muncul pada sifat teks yang persuasive, sehingga target yang membacanya pun dapat merasa tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkannya itu tadi. Tidak hanya itu saja, teks yang terdapat pada contoh iklan komersial juga dikenal dengan beberapa fungsi lain yang dimilikinya. Ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya :

1. Sebagai media informasi

Dalam hal ini teks yang terkandung di dalam papan reklame menjelaskan mengenai informasi yang dimiliki produk atau jasa tersebut termasuk ciri-ciri atau kelebihan yang dimilikinya.

2.Media persuasive

Pasalnya melalui teks yang tertulis, secara tidak langsung iklan tersebut akan mengarahkan atau membujuk setiap orang yang melihat yaitu para calon konsumen untuk membeli serta menggunakan produk dan jasa yang ditawarkannya tersebut.

3. Media pengingat atau reminder

Selain beberapa fungsi di bagian atas tadi, reklame atau baliho iklan yang terpampang di pinggir jalan protokol ini juga dikenal sebagai media yang berfungsi dalam mengingatkan konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkannya agar konsumen dapat terus berlangganan dan menggunakanya.

Selain fungsi yang dimilikinya tersebut iklan komersil juga dikenal dengan tiga ciri utama yang dimilikinya, yaitu :

1. Penggunaan slogan

Bagi anda yang sering melihat iklan komersial di pinggir jalan tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan slogan menarik, sedikit mencolok dan bahkan dapat menyedot perhatian bagi siapa pun yang melihatnya.

2. Bersifat persuasive

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa jenis iklan yang satu ini tentunya seringkali menggunakan kalimat teks yang persuasive.

3. Menggunakan point of view

Point of view pada iklan komersial itu berfungsi dalam mempengaruhi bagian konten iklan yang terdapat di dalamnya. Karena itulah bagi anda yang hendak membuat iklan komersial, maka ada baiknya untuk memperhatikan point of view dengan tepat dan benar. Seperti halnya point of view yang digunakan pada contoh iklan komersial  penjualan produk, penawaran jasa atau bahkan promosi dan branding merek produk tertentu.

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!