Iklan niaga merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat supaya tertarik membeli atau menggunakan produk tertentu yang diiklankan, baik itu berupa produk atau jasa. Karena itulah iklan niaga juga sering dikenal dengan istilah iklan produk. Tentu sudah banyak contoh iklan niaga yang sangat familiar dan dapat Anda temui di kehidupan sehari-hari.

Beberapa contoh iklan niaga telah kami rangkum untuk memberikan pemahaman lebih bagi Anda tentang contoh iklan niaga yang baik dan menarik. Berikut adalah daftar contoh iklan niaga tersebut.

Jenis-Jenis Contoh Iklan Niaga

1. Iklan Produk Makanan

Yang menjadi penekanan biasanya di dalam contoh iklan niaga satu ini adalah gambaran cita rasa makanan yang diiklankan. Kemudian bahan-bahan yang digunakan untuk produksi juga sering diperlihatkan. File audio juga dapat ditambahkan jika diperlukan, untuk menekankan gambaran cita rasa dari makanan tersebut. Misalnya untuk menunjukkan ayam goreng yang memang kriuk. 

2. Iklan Produk Minuman

Untuk produk minuman, kesan yang umumnya ditampilkan adalah kesan bahwa produk minuman yang diiklankan memang dapat menyingkirkan dahaga dengan rasa yang segar. Banyak contoh iklan niaga produk minuman yang menggunakan ide umum seperti ini. Baik itu produk minuman ringan bersoda, minuman teh kemasan, air mineral, maupun minuman kesehatan, kesan bahwa tubuh akan kembali segar setelah meminum produk tersebut sering jadi fokus utama. 

3. Iklan Produk Sabun

Untuk sabun sendiri, image yang ditampilkan sangat bervariasi. Apakah sabun tersebut adalah sabun kesehatan keluarga? Atau sabun pemutih kulit? Bergantung pada segmen pasarnya, tentu saja contoh iklan niaga produk sabun keluarga berbeda dengan iklan produk sabun kecantikan wanita. Misalnya iklan sabun Lifebuoy dengan iklan sabun Lux.  

4. Iklan Produk Shampo

Mirip dengan iklan sabun, iklan sampo juga akan memiliki konsep yang berbeda bergantung pada segmen produk yang akan diiklankan. Misalnya untuk sampo anti-ketombe akan menggunakan model atau selebritis dewasa, sedangkan shampo untuk keluarga akan menampilkan sebuah keluarga atau anak-anak. 

Pembuatan Iklan yang Menarik

Dalam membuat iklan, termasuk iklan niaga, ada sebuah proses yang cukup panjang yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sebab, hal ini akan berkaitan dengan bagaimana image produk di dalam iklan tersebut ditampilkan. Karena itu, pembuatan iklan harus selalu menempuh proses perencanaan strategi terlebih dahulu. Hal ini adalah untuk menentukan target yang disasar oleh produk, mulai dari usia, jenis kelamin, kelas ekonomi, pendidikan, dan sebagainya.  Iklan akan dikembangkan berdasarkan informasi di atas agar elemen-elemen di dalam iklan tersebut memang sesuai dengan audiens yang menjadi sasaran produk. Setelah iklan dibuat, direvisi, dan difinalisasi, iklan pun didistribusikan.

Ingin membuat iklan niaga yang menarik seperti di atas? Jangan ragu untuk menghubungi kami dan tanyakan informasi seputar iklan niaga untuk bisnis Anda.

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!