Ada berbagai cara untuk memasarkan usaha, salah satunya yakni dengan memasang contoh reklame komersial yang sering terpasang di pinggir jalan, televisi atau surat kabar. 

Apa Itu Reklame Komersial?

Setidaknya ada dua jenis reklame yang populer di masyarakat yakni reklame komersial dan reklame non komersial. Sedangkan yang dibahas disini adalah contoh reklame komersial. Reklame komersial merupakan reklame yang dibuat untuk menawarkan barang dan jasa dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Dengan menggunakan reklame komersial, diharapkan konsumen tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Sedangkan reklame non komersial lebih cenderung bertujuan untuk menghimbau dan mengajak masyarakat untuk melakukan sesuatu bukan untuk mencari keuntungan.

Contoh Reklame Komersial yang Sering Dilihat Orang

Reklame komersial menjadi jenis reklame yang paling sering kita temui terutama reklame yang bertema produk teknologi, produk makanan dan produk kesehatan. Contoh reklame komersial ini bisa kita lihat di surat kabar, televisi, website, CD, DVD, radio bahkan di pinggir jalan. Reklame ini sengaja dibuat menggunakan warna, gambar, tata letak dan teks yang menarik sehingga orang akan tertarik dan penasaran ketika melihatnya. Hal tersebut bisa Anda lihat di beberapa contoh reklame komersial seperti baliho reklame air segar minum Aqua di pinggir jalan, reklame smartphone Oppo di surat kabar atau reklame internetan cepat memakai BOLT di website dan lainnya.

Unsur Reklame Komersial

Bila mengamati contoh reklame komersial, Anda akan menemukan beberapa unsur reklame komersial yang membuatnya jadi lebih menarik diantaranya :

  • Teks dan bahasa yang baik

Teks yang digunakan pada contoh reklame komersial lazimnya jelas dan mudah dipahami. Deretan teks tersebut terdiri dari headline (teks utama) dan teks penjelasan yang mendukung headline. Kalimat-kalimat yang digunakan pun mudah dipahami masyarakat sehingga masyarakat yang membacanya mudah mengerti apa yang ditawarkan oleh reklame tersebut. Demikian pula dengan pemilihan bahasa reklame lazimnya disesuaikan dengan sasaran konsumen atau pembaca.

  • Gambar ilustrasi menarik

Demi menarik perhatian masyarakat, gambar ilustrasi yang digunakan di contoh reklame komersial juga dipilih sesuai dengan sasaran reklame, tema reklame dan sesuai dengan produk aslinya. Bila tujuan reklame adalah anak-anak, maka gambar reklame yang digunakan biasanya bertema kartun lucu. Sedangkan reklame yang ditujukan untuk para wanita biasanya menggunakan objek-objek yang memberi kesan cantik dan lembut.

gambar billboard yang memiliki ilustrasi yang menarik

Salah satu contoh gambar billboard yang memiliki ilustrasi yang menarik

 

  • Lay out dan warna yang tepat

Pada reklame komersial seperti buatan https://perfectoutdoormedia.com, layout atau tata letak gambar dan tulisan biasanya dibuat dengan komposisi yang seimbang agar reklame tampak enak dilihat. Warna yang dipakai pada reklame komersial juga dipilih sesuai dengan tema dan kondisi psikologis yang bisa dipengaruhi oleh warna tersebut. Anda bisa melihatnya di contoh reklame komersial yang ditujukan untuk anak-anak biasanya menggunakan warna cerah seperti merah, kuning dan biru. 

Unsur-unsur itulah yang membuat contoh reklame komersial yang paling sering kita lihat di pinggir jalan maupun di surat kabar tampak menarik dan mengundang. Bila reklame yang Anda lihat tak memiliki unsur tersebut, bisa jadi reklame tersebut tidak memenuhi tujuannya.

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!