Sektor pariwisata kesehatan di Malaysia telah mencatat tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebanyak 17% selama lima tahun terakhir, melampaui rata-rata global 10-12% dan Asia-Pasifik 12-14%. Bersaing dalam industri pariwisata kesehatan yang diperkirakan bernilai US $ 180 miliar pada tahun 2023 skala internasional, Malaysia tahu bahwa mereka harus memperluas jangkauannya jika ingin mempertahankan tingkat pertumbuhannya yang mengesankan.

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) dibawah Kementerian Kesehatan, tengah bekerja untuk mempromosikan Malaysia sebagai tujuan pariwisata kesehatan kelas dunia dibawah merek ‘Malaysia Healthcare’. Indonesia, Inggris, India, Filipina, Cina, Singapura, Australia, Jepang, dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang menjadi sumber utama kedatangan wisatawan kesehatan bagi Malaysia. Selain itu, Malaysia juga bersiap untuk melakukan penetrasi bisnis ini ke negara-negara Timur Tengah dan Asia Tenggara lainnya seperti Qatar, Oman, Arab Saudi, Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Statistik Pasar Layanan Pariwisata Kesehatan Malaysia 2011-2018(Sumber: Malaysia Healthcare Tourism Council)

Statistik Pasar Layanan Pariwisata Kesehatan Malaysia 2011-2018 (Sumber: Malaysia Healthcare Tourism Council)

 

MENARIK WISATAWAN KESEHATAN INDONESIA ADALAH PRIORITAS BAGI INDUSTRI PARIWISATA KESEHATAN LOKAL

Tidak Ada Pajak Tambahan Bagi Tagihan Rumah Sakit (Sumber: The Sundaily Malaysia)

Tidak Ada Pajak Tambahan Bagi Tagihan Rumah Sakit (Sumber: The Sundaily Malaysia)

 

Selain untuk bisnis dan traveling, banyak dari para penumpang internasional yang datang ke Malaysia untuk keperluan medis. Menurut Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer MHTC, dari jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa, Indonesia merupakan pasar terbesar untuk Malaysia Healthcare. Tercatat pada 2018, lebih dari 670.000 masyarakat Indonesia telah melakukan perawatan kesehatan. Angka itu kurang lebih 60% dari total seluruh pasien asing yang berobat di Malaysia. Didukung oleh Kementerian Kesehatan Malaysia, kemudahan akses layanan kesehatan, peniadaan pajak penjualan/layanan pada tagihan rumah sakit, serta biaya yang jauh lebih murah dibandingkan Singapura, menjadi beberapa faktor  menarik bagi wisatawan internasional.

 

KEKUATAN MEDIA IKLAN OUTDOOR AREA FERRY TERMINAL

Bagaimana caranya agar penyedia layanan kesehatan mendapatkan perhatian dari komunitas pelayanan mereka? KPJ Puteri dan Regency Hospital adalah dua perusahaan yang mengembangkan industri layanan kesehatan premium di Malaysia dengan pemanfaatan teknologi di bidang medis. Perusahaan ingin membuat kampanye iklan berdasarkan pendekatan komunikasi individual, untuk meningkatkan kesadaran merek bagi audiens. Kampanye iklan berisi info seputar kedua perusahaan tersebut, peningkatan kesadaran kesehatan, serta kebutuhan akan akses ke perawatan berkualitas. Tidak hanya masyarakat Malaysia, kedua perusahaan ini ingin mengembangkan komunitas layanan mereka yakni masyarakat dari Indonesia maupun masyarakat internasional lainnya.

 

Pillar Lightbox Iklan KPJ Puteri

Pillar Lightbox Iklan KPJ Puteri

 

Pillar Lightbox Iklan Regency Hospital

Pillar Lightbox Iklan Regency Hospital

 

Bersama dengan The Perfect Media, KPJ Puteri dan Regency Hospital memanfaatkan inventaris pillar lihtbox di ruang tunggu keberangkatan Batam International Ferry Terminal. Lokasi ini dianggap strategis karena setiap harinya dipenuhi para penumpang internasional yang hendak pergi ke Malaysia dari Batam. Ruang tunggu ferry terminal terlihat eksklusif karena tidak terdapat banyak toko perbelanjaan di area tersebut. Citra premium yang melekat pada ferry terminal, semakin diperkuat oleh eksekusi iklan pintar menggunakan media outdoor dan kemampuan digital terkemuka. Media iklan pillar lightbox ditempatkan dekat kursi-kursi tunggu, agar mudah menjangkau audiens di ruangan secara penuh. Penumpang dapat merasakan koneksi langsung dengan pesan iklan yang ditampilkan secara unik dan eye-catching.

 

Baca Juga: Menjaring Peluang Iklan Transit dari Sektor Transportasi Indonesia

 

Anda ingin mengembangkan bisnis, memperkenalkan merek produk, dan memperluas jangkauan promosi menggunakan layanan iklan outdoor di area bandara dan pelabuhan internasional? Hubungi kami sekarang juga dan bersiaplah menjangkau perhatian jutaan audiens potensial selama 24/7 dengan media iklan outdoor terbaik di The Perfect Media!

 

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!