SEKILAS TENTANG PERKEMBANGAN LAYANAN TRANSPORTASI DI INDONESIA

 Pada tahun 2017, INRIX mengurutkan 1360 kota dari 38 negara berdasarkan angka kemacetannya, menempatkan Jakarta, Bandung, Malang, Yogyakarta, Padang, Medan, Pontianak, Surabaya, Semarang dan Denpasar sebagai  kota dengan tingkat kemacetan tertinggi di Indonesia. Jakarta berada di peringkat 12, tepat dibawah Bangkok, serta peringkat pertama skala nasional (rata-rata kemacetan 63 jam/tahun).

Kemudian berdasarkan data Statistik Transportasi DKI Jakarta, mobil penumpang tercatat mengalami pertumbuhan jumlah tertinggi sekitar 6,48% per tahun pada periode 2012-2016.  Sedangkan sepeda motor dengan rata-rata 10,54% di tahun 2018. Diikuti dengan pertumbuhan angkutan umum sebesar 1,74%. Menunjukkan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap layanan transportasi yang memadai di wilayah perkotaan besar Indonesia.

Jumlah Kendaraan di Jakarta Berdasarkan Jenis 2012-2018

Jumlah Kendaraan di Jakarta Berdasarkan Jenis 2012-2018

 

Pemerintah mencoba merubah pola konsumsi masyarakat dengan membuat berbagai alternatif kebijakan transportasi darat seperti mengadakan Moda Raya Terpadu (MRT). Kehadiran MRT diyakini mampu menjadi salah satu solusi menekan angka kemacetan lalu lintas ibu kota. Terlebih moda transportasi tersebut juga terintegrasi dengan Bus Rapid Transit (BRT) dan Light Rapid Transit (LRT). MRT menargetkan melayani 65.000-130.000 penumpang per hari. Dalam satu rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong kereta dengan kapasitas penumpang sejumlah 1.900 orang.

 

Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta. Sumber: PT Angkasa Pura II

Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta. Sumber: PT Angkasa Pura II

 

Selain MRT, kini muncul layanan transportasi online di  untuk menjawab persoalan sistem trasnportasi konvensional di Indonesia. Aplikasi Go-Jek dan Grab hadir menawarkan beragam fasilitas transportasi dan logistiknya. Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan berbagai pilihan moda kendaraan seperti sepeda motor, taksi, atau mobil pribadi. Mereka juga berani menawarkan tarif yang lebih rendah dari tarif transportasi sejenis lainnya, plus kemudahan akses  melalui layar gawai pengguna.

Baca Juga: Menelisik Lebih Jauh Kekuatan Iklan Motor Sebagai Tren Baru OOH

Peningkatan kebutuhan layanan turut terjadi pada transportasi udara. Indonesia kini telah memiliki LCC (Low Cost Carrier) di Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Secara year-to-date (1 Januari-9 Juni 2019), jumlah penumpang LCC rute internasional tercatat sebanyak 1,80 juta orang dan mengalami kenaikan 2,27% dibandingkan setahun sebelumnya, 1,76 juta orang. Angka ini akan terus bertumbuh seiring target pembangunan LCC untuk meraup 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia selama 2019, serta memenuhi peningkatan permintaan para penumpang domestik untuk melakukan penerbangan bisnis atau liburan.

 

MENGENAL IKLAN TRANSIT DAN KEKUATANNYA SEBAGAI MEDIA OOH

LED Giant Screen Iklan Mayapada di Bandara Kualanamu

LED Giant Screen Iklan Mayapada di Bandara Kualanamu

Hasil survei dari The American Trucking Association menyatakan 97% responden mengingat iklan kendaraan (transit), 98% berpikir bahwa iklan tersebut menciptakan citra positif dari pemasang iklan. Sementara itu, 96% responden meyakini bahwa iklan transit lebih efektif ketimbang reklame biasa dan 75% responden berkesan dengan brand yang diiklankan tersebut.

Iklan transit merupakan iklan yang ditempatkan pada kendaraan atau di area angkutan umum. Dengan menggunakan iklan transit, iklan dapat ditempatkan di mana saja seperti pada sisi bus, mobil, motor, kapal feri, di dalam bandara dan pelabuhan. Tujuan utama dari iklan transit ialah menjangkau pengendara dan memperkenalkan merek bisnis pada mereka. Iklan transit menjadi penting karena dapat memberikan visibilitas tinggi untuk produk setiap hari.

Selain itu, audiens memiliki kemungkinan sangat kecil untuk menga baikan iklan transit dibandingkan saat mereka ingin mengganti iklan komersial di TV, radio, atau membolak-balik iklan majalah. Seringkali sulit bagi seseorang mengabaikan iklan yang mereka tangkap ketika duduk di ruang tunggu keberangkatan atau dalam kendaraan umum, hanya karena tak sengaja berpapasang. Iklan transit juga menjamin bisnis meraih perhatian audiens dari segmen yang bervariasi selama mereka tertahan di area transit.

 

KEUNTUNGAN MEMASANG IKLAN DI BANDARA DAN FERRY TERMINAL

Penumpang di bandara dan ferry terminal adalah orang yang berinvestasi dalam perjalanan. Mereka siap menghabiskan lebih banyak uang untuk berbelanja sebagai bagian dari pengalaman bepergian. Hasil survei dari Global Shopper Connections 2, menunjukkan bahwa 70% pembeli global mengakui bahwa mereka akan ‘dipaksa’ untuk mengunjungi toko-toko di bandara setelah melihat iklan produk. Sementara survei lain menunjukkan 80% penumpang di area bandara sering melihat iklan transit disana dan 42% akan mengambil tindakan, seperti mengunjungi situs web, pergi ke toko offline atau online, untuk mempelajari lebih lanjut produk dan merek yang terlihat di iklan. Dua atribut utama iklan transit di bandara dan ferry terminal adalah iklan berbicara kepada konsumen yang siap berbelanja, serta menawarkan kemudahan melakukan pembelian; sering juga disertai dengan promosi khusus.

Baca Juga: Transit Advertising, Media Iklan Yang Unik dan Efektif

Lightbox Iklan Mayapada di Batam IFT

Lightbox Iklan Mayapada di Batam IFT

 

Menggunakan media iklan transit lightbox di ruang tunggu keberangkatan Batam Center International Ferry Terminal, Bank Mayapada menampilkan iklan premium mereka. Tampilan iklan yang besar, full-color, dan posisinya sangat dekat dari kursi duduk, membuat iklan akan menjangkau penuh para audiens di sekitarnya.

Digital iScreen ILOTTE di Bandara Soetta

Digital iScreen ILOTTE di Bandara Soetta

 

Untuk memperkenalkan promo spesial di marketplace mereka, LOTTE Indonesia memilih ruang tunggu keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai untuk memasang iklan, serta menggunakan media digital i-screen untuk eksekusi iklan yang kreatif dan unik. LOTTE turut menyertakan QR Barcode untuk memudahkan para konsumen terhubung langsung ke layanan promonya.

Wall Stciker Iklan Singtel di Harbourbay

Wall Stciker Iklan Singtel di Harbourbay

 

Pillar Lightbox Iklan Singtel di Batam IFT

Pillar Lightbox Iklan Singtel di Batam IFT

 

Berbeda dengan ruang tunggu bandara, ruang tunggu keberangkatan ferry terminal memiliki lebih sedikit area perbelanjaan, sehingga memberikan lingkungan yang menawan bagi para audiens. Perusahaan telekomunikasi asal Singapura, Singtel, menggunakan ruang tunggu keberangkatan dua pelabuhan internasional, Batam IFT dan Harbourbay, untuk mengenalkan layanan seluler mereka bagi para turis yang hendak pergi ke Singapura.

Headrest Cover Singtel di Batamfast Ferry

Headrest Cover Singtel di Batamfast Ferry

 

Tidak hanya memasang iklan di area dalam ferry terminal, Singtel juga memanfaatkan bagian dalam kapal ferry untuk memasang iklan mereka. Media iklan yang dipakai ialah headrest cover yang terpasang di setiap seat penumpang. Desain iklan yang tercetak pada kain headrest cover, akan 100% otomatis terlihat oleh semua penumpang sepanjang perjalanan, sehingga meningkatkan brand awareness dalam benak para audiens secara maksimal.

 

INVESTASIKAN IKLAN TRANSIT ANDA SEKARANG JUGA

Wall Sticker Iklan Podomoro di Bandara Kualanamu

Wall Sticker Iklan Podomoro di Bandara Kualanamu

 

Citra premium yang melekat pada bandara dan ferry terminal, semakin diperkuat oleh eksekusi iklan pintar menggunakan media OOH dan kemampuan digital terkemuka. Ada beberapa pilihan media OOH seperti wall sticker, neonbox, pillar lightbox, layar LED, i-screen digital, media ambient, billboard bandara, iklan pada headrest cover, dll. Selain di bandara dan ferry terminal, iklan transit pada kendaraan seperti sepeda motor, taksi atau bus bisa sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness, bahkan pengiklan dapat memilih area tampilan sesuai dengan segmen pasar tujuan dan jalur yang biasanya diambil oleh moda transportasi tersebut.

Baca Juga: Iklan Transit dan Keuntungan Menggunakannya

Anda ingin mengembangkan bisnis, memperkenalkan merek produk, dan memperluas jangkauan promosi menggunakan layanan iklan transit? Hubungi kami sekarang juga dan bersiaplah menjangkau perhatian jutaan audiens potensial selama 24/7 dengan media iklan OOH terbaik bersama The Perfect Media!

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!