Meskipun Ramadhan 2018 sudah berjalan, bukan berarti sudah terlambat bagi Anda untuk memaksimalkan promosi bisnis atau produk Anda. Apalagi bulan Ramadhan merupakan satu dari berbagai periode di mana angka belanja konsumen sedang tinggi-tingginya.

Berikut ini adalah rangkuman tips ampuh untuk promosi selama bulan suci Ramadhan!

Amati Perilaku Konsumen Selama Bulan Ramadhan

Bahkan jika bisnis Anda masih berusia kurang dari setahun, Anda bisa mendapatkan data ini berdasarkan data pasar sesuai dengan segmen usaha Anda. Dan dengan mengamati perilaku konsumen terutama selama bulan suci Ramadhan, Anda bisa membuat keputusan yang dapat menguntungkan bisnis Anda di bulan Ramadhan 2018 ini. 

Misalnya berapa persentase peningkatan penjualan selama bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya? Atau apakah ada spesifikasi produk tertentu yang diinginkan konsumen selama bulan Ramadhan? Biasanya, jenis-jenis usaha seperti kuliner adalah yang paling merasakan dampak langsung dari perubahan perilaku konsumen dengan datangnya bulan Ramadhan.

Atur Waktu untuk Promosi Online

Ada beberapa waktu ketika konsumen akan lebih sering mengakses internet di bulan Ramadhan. Dan salah satu perbedaan yang paling signifikan jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya adalah akses internet yang lebih tinggi selama jam sahur. Selain itu, jam istirahat saat siang juga sering menunjukkan peningkatan jumlah pengguna yang mengakses internet karena mereka jelas tidak bisa menghabiskan waktu tersebut untuk makan siang. Nah, Anda bisa manfaatkan ini sebagai salah satu faktor untuk memutuskan jam-jam berapa saja promosi secara online akan dilakukan.

Konten Promosi dengan Nuansa Bulan Puasa

Dengan demikian, isi promosi Anda tidak akan terasa keluar dari tema atau momen besar yang sedang berlangsung. Bahkan produk Anda juga tidak perlu merupakan produk yang memang didesain untuk menyasar pasar muslim saja, lho. Misal, Anda bisa gunakan kutipan pesan Islami di dalam konten promosi Anda. Atau, gunakan tema atau warna-warna yang sesuai dengan tema Ramadhan seperti bulan sabit dan warna hijau cerah.

Jangan Lupakan Media Promosi Offline

Walaupun melakukan promosi secara online memang bisa mempermudah Anda dalam menjangkau lebih banyak audiens, jangan lupa media promosi offline-nya, ya. Apalagi jika bisnis Anda memang memiliki toko fisik seperti toko-toko pada umumnya.

Buat Acara atau Kontes Khusus Selama Bulan Ramadhan

Agar bisnis Anda makin viral dan makin banyak peminat, tidak ada salahnya mengadakan acara khusus selama bulan Ramadhan. Misalnya dengan mengadakan kontes atau kuis bagi para pembeli atau follower akun media sosial usaha Anda. Misalnya kuis tebak-tebak berhadiah atau kontes share/repost postingan yang sudah Anda buat dengan iming-iming hadiah yang menggiurkan. Biasanya cara ini akan memancing calon pelanggan baru dengan mudah. Sebab, siapa yang tidak ingin dapat hadiah, kan?

Konten Website yang Menarik Tentang Puasa

Bagi Anda yang juga memiliki situs untuk bisnis Anda, jangan lupakan kualitas konten yang dibuat dalam rangka promosi selama bulan Ramadhan, ya. Dengan demikian, Anda bisa menjaring visitor atau pengunjung lebih banyak ketika mereka memasukkan kata kunci tertentu. Beberapa kata kunci yang meningkat jumlah pencariannya di Google misalnya “amalan Ramadhan” dan “hal-hal yang membatalkan puasa”.

Manfaatkan Kekuatan Konten Video

Konten untuk promosi bukan lagi hanya dalam wujud teks atau foto, lho. Jangan lupakan konten video, ya! Sebab, Google mendata bahwa angkat pencarian video melalui perangkat moble mengalami peningkatan sebesar 13 persen selama Ramadhan. Jadi, manfaatkan peluang ini untuk menjaring lebih banyak prospek dengan mengunggah konten video yang menarik dan berkualitas.

Maksimalkan Perangkat Mobile Sebagai Media Promosi

Alasannya tentu saja sederhana: sebab, perangkat mobile sangat mudah dibawa ke mana-mana. Dan bisa dikatakan bahwa setiap orang sekarang memiliki minimal 1 unit smartphone, kan? Tentu saja ini adalah sebuah peluang manis untuk menjangkau lebih banyak prospek bagi bisnis Anda selama bulan Ramadhan. Apalagi jika produk yang Anda jual merupakan 1 dari 5 produk yang melonjak jumlah pencariannya selama bulan Ramadhan: pakaian, smartphone, perangkat elektronik, tiket transportasi, dan pulsa.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan untuk keberhasilan promosi selama bulan Ramadhan 2018 ini. Semoga berhasil!

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!