Para pengemudi di Jakarta bisa menghabiskan rata-rata lebih dari 31.680 menit atau sekitar 22 hari  di atas kendaraan mereka-di jalan raya setiap tahun (Uber dan Boston Consulting Group 2017). Terlebih pada hari-hari tertentu, 35% orang di Jakarta hanya menghabiskan waktu mereka di jalan. Angka ini menjadikan warga Jakarta sebagai orang yang paling lama berada di jalan dibandingkan dengan warga kota besar Asia lainnya.

Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan di kota-kota besar seperti Jakarta, serta pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuka peluang bagi para pebisnis untuk beriklan menggunakan salah satu inovasi iklan luar ruang terbaru, yakni iklan motor.

 

DIMANA ANDA PERLU BERIKLAN KETIKA INGIN MENJANGKAU SEMUA ORANG?

 

Jakarta Memiliki Kepadatan Jalan Tertinggi Hingga 2.100 kendaraan/km (Sumber: Katadata.co.id)

Jakarta Memiliki Kepadatan Jalan Tertinggi Hingga 2.100 kendaraan/km (Sumber: Katadata.co.id)

 

Iklan motor sangat efektif untuk menjangkau audiens dari segala usia, latar belakang, dan penghasilan. Anda tidak hanya ‘mengirimkan’ para pengendara motor itu dengan “billboard bergerak” ke banyak titik jalan. Tetapi Anda juga akan menjangkau para penumpang di motor mereka, menyapa pengendara lain ketika menunggu lampu hijau dan para pejalan kaki yang tanpa sengaja melihat iklan Anda, ketika berada di titik-titik tak terjangkau oleh media iklan seperti billboard dan sejenisnya.

Baca juga: Pasang Billboard vs Karta Papan Iklan di Motor, Efektifan Mana?

 

Tampilan Iklan Shopee Pada Papan Iklan Motor (Sumber: Motorplus)

Tampilan Iklan Shopee Pada Papan Iklan Motor (Sumber: Motorplus)

 

 

Tampilan Iklan Mobil Super Moto Pada Papan Iklan Motor (Sumber: Instazu)

Tampilan Iklan Mobil Super Moto Pada Papan Iklan Motor (Sumber: Instazu)

 

 

Tampilan Iklan KIT Pada Papan Iklan Motor (Sumber: Instazu)

Tampilan Iklan KIT Pada Papan Iklan Motor (Sumber: Instazu)

 

 

KEUNTUNGAN MEMASANG IKLAN MOTOR

 

Cakupan Luas

Telah diketahui secara luas bahwa motor telah menjadi moda transportasi yang paling populer digunakan masyarakat Indonesia dalam aktivitas setiap hari. Menurut hasil survey dari Badan Pusat Statistik 2018, jumlah sepeda motor mencapai kurang lebih 138 juta unit. Hampir separuh dari jumlah masyarakat Indonesia yakni 260 juta jiwa. Bagi Jakarta sendiri, tercatat sebanyak sekitar 20 juta unit sepeda motor yang terdaftar. Bahkan kini, di Indonesia telah hadir dua startup raksasa di bidang ojek online, Gojek dan Grab, yang turut memacu geliat transportasi roda dua ini. Diketahui, sepanjang tahun 2018 kemarin, Gojek telah menempuh jarak lebih dari 4 miliar kilometer melayani kebutuhan transportasi masyarakat Indonesia.  Bayangkan, betapa besar peluang iklan  terlihat di banyak titik yang dilalui para pengantar iklan Anda!

Jangkauan Geografis

Ketika suatu bisnis memutuskan untuk menampilkan iklan motor di wilayah tertentu, bisnis tersebut akan secara aktif dan spesifik menjangkau orang-orang dengan karakteristik dan latar belakang berdasarkan wilayahnya. Dengan bantuan rekap data yang jelas, Anda dapat memilih pengendara sesuai dengan rute harian yang biasa mereka lewati, sesuai dengan target atau segmen audiens iklan Anda.

Hemat Biaya

Jumlah konsumen potensial dari iklan motor yang sangat besar, akan membantu Anda menghemat biaya iklan. Selain itu, jumlah iklan tentu turut menjadi faktor dalam efektifitas iklan. Sebagai contoh, apabila Anda hanya memasang iklan pada 5 motor di wilayah yang ingin ditarget, maka tidak akan cukup secara ekonomi. Oleh karena itu, pertimbangkan lah untuk memasang iklan dengan media iklan luar ruang tidak bergerak seperti billboard jalan, atau iklan yang dipasang di area bandara dan pelabuhan. Anda juga bisa mengkombinasikan keduanya  dengan perencanaan iklan yang tepat, agar iklan Anda mampu menjangkau perhatian audiens bagi merek secara maksimal.

Baca juga: Iklan Transit dan Keuntungan Menggunakannya

 

KERUGIAN MEMASANG IKLAN MOTOR

 

Menganggu Fokus Pengguna Jalan

Mempertimbangkan bahwa jalan raya adalah tempat di mana pengendara perlu konsentrasi penuh di jalan. Dengan box persegi di behel belakang yang selalu menempel saat berkendara, iklan motor dapat menghalangi pandangan ke depan atau mengalihkan perhatian pengguna jalan lain, sehingga dapat menjadi ketidaknyamanan tersendiri.

Isu Kreatifitas

Apabila desain iklan motor tidak dibuat secara bagus, maka iklan tersebut tidak akan diperhatikan sehingga sangat penting bahwa kampanye iklan harus dibuat ringkas, tajam dan kreatif untuk menarik perhatian yang tepat. Selain itu, dengan kecepatan laju kendaraan bermotor, serta iklan motor tidaklah diam sebagaimana media iklan lain seperti billboard yang statis, akan membuat iklan motor sulit untuk meraih perhatian penuh dari para pengguna jalan.

Baca juga: Transit Advertising, Media Iklan Yang Unik dan Efektif

Eksposur Yang Rendah

Jangkauan iklan sepeda motor juga tergantung pada seberapa aktif pengendara dalam perjalanan hariannya. Semakin banyak poin aktif dan yang dicapai, semakin tinggi tingkat kesadaran merek yang akan diciptakannya.

Singkatnya, iklan motor seperti media luar ruang lainnya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun, saat ini menjadi salah satu tren periklanan paling populer di Indonesia.

 

PASANG IKLAN LUAR RUANG TERBAIK ANDA SEKARANG

Apakah Anda ingin memasang iklan di media transit seperti sepeda motor, atau di lokasi-lokasi premium seperti bandara dan pelabuhan feri internasional? Mari bekerjasama dengan The Perfect Media! Berpengalaman puluhan tahun di dunia media iklan luar ruang serta memiliki tim ahli professional, The Perfect Media menyediakan layanan iklan luar ruang terbaik untuk meningkatkan efektifitas kampanye iklan bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran spesial disini.

 

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!