Siapa yang tidak pernah melihat bahkan mendengar tentang baliho, spanduk, poster, dan iklan sejenisnya? Tentu saja media iklan seperti ini tidaklah asing di tengah-tengah kehidupan masyarakat pada umumnya. Saat kita berangkat bekerja, terjebak dalam kemacetan, maupun aktifitas lainnya yang kita lakukan di luar rumah,  kita akan selalu dengan mudah menemukan iklan yang terpampang di setiap sudut jalan. Hal ini tentunya tidak dapat dihindari oleh masyarakat yang mayoritas melakukan perjalanan dengan tingkat mobilitas yang tinggi.

Dengan berkembangnya media digital yang pesat pun nampaknya tidak membawa pengaruh besar terhadap media iklan luar ruang, yang biasanya juga disebut sebagai outdoor advertising ataupun Out-of-Home (OOH) Advertising. Memang tidak dapat disangkali bahwa media iklan seperti TV, majalah, koran, dan radio adalah salah satu jenis media yang cukup efektif dalam menarik perhatian khalayak umum. Namun, iklan OOH juga terbukti mampu bersaing dengan media konvensional lainnya, terutama jika iklan tersebut diletakkan di lokasi yang strategis, yang dapat menjangkau masyarakat lebih efisien. Tidak hanya di jalanan saja, tetapi juga di bandara-bandara Indonesia, dimana banyak target audiens yang bisa dijangkau pada saat mereka akan melakukan perjalanan antar kota bahkan negara. Meskipun begitu, masih banyak beberapa pebisnis yang belum terlalu menyadari keuntungan menggunakan media OOH.

Mengapa OOH? Mungkin ini adalah pertanyaan yang muncul di benak Anda. Adapun faktor-faktor yang membuat media OOH tidak kalah efektif serta efisien dalam menjangkau publik adalah:

  •  Target Audiens yang Luas

Pesan dapat disampaikan ke semua segmen masyarakat. OOH adalah untuk publik dan memiliki akses kepada konsumen yang sulit untuk dijangkau. Seperti anak muda, pengelola bisnis yang sibuk dan konsumen berpenghasilan rendah mungkin tidak memiliki akses untuk media tradisional, sehingga OOH adalah cara yang baik untuk dapat menjangkau mereka.

  • Durasi Penayangan yang Lama

Tidak seperti media lain, OOH tidak dapat dimatikan karena bagian dari lingkungan. Orang-orang tidak memiliki kontrol pada apakah mereka melihat atau tidak, menjadikan kampanye Anda berdampak untuk jangka waktu yang lebih lama, dapat mencapai hitungan bulanan bahkan tahunan.

  • Pengembalian Investasi yang Tinggi

OOH memberikan pengembalian investasi yang tinggi di semua kategori dan semakin tinggi anggaran dihabiskan untuk OOH, maka semakin besar pula nilai pengembalian Investasi nya (ROI).

  •  Dukungan Teknologi Canggih

Desain dapat dilakukan dengan teknologi mutakhir saat ini, dan dapat dirancang dengan bantuan komputer dan dicetak diatas kertas vinyl agar mendapat hasil yang maksimal.

  • Lebih Efisien dibanding Media Iklan Lainnya

Media OOH lebih banyak dilihat dan dibaca oleh masyarakat ketimbang iklan pada media online atau media konvensional lainnya.

-Brand Marketing Institute (BMI) Research

Bagaimana? Menarik bukan? Ya, dampak media OOH memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Bagi kalangan marketers yang ingin mempromosikan produknya, OOH adalah pilihan yang tepat karena tampilan iklan yang besar dan menarik dapat membuka peluang yang cukup besar pula bagi masyarakat umum untuk memperhatikan iklan tersebut.

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!