Selama setahun terakhir, karta papan iklan di motor menjadi tren di kalangan pebisnis maupun pengelola pemasaran. Ya, mempromosikan usaha atau produk yang Anda jalankan melalui metode konvensional seperti papan iklan memang masih digandrungi. Uniknya, cara tersebut mengalami perkembangan yang mungkin tak dipikirkan orang-orang selama ini, yakni memanfaatkan kendaraan seperti sepeda motor.

Tren promosi ini semakin digemari berkat kehadiran transportasi berbasis aplikasi seperti ojek online. Mengombinasikan teknologi dan medium tradisional, promosi papan iklan melalui sepeda motor lantas dilakukan berbagai pihak—dari pengusaha kecil hingga e-commerce raksasa. Bahkan tidak sedikit pula yang mengatakan karta papan iklan bakal mengalahkan iklan billboard.

Lantas, metode promosi mana yang dinilai lebih efektif?

Keberadaan karta papan iklan terhadap billboard

Billboard, seperti yang Anda ketahui, merupakan media beriklan luar ruangan (outdoor) dalam papan besar. Karena ukurannya tersebut, billboard sangat mudah Anda jumpai karena diletakkan di titik-titik yang ramai dikunjungi orang atau dilewati kendaraan. Sebut saja jalan tol (termasuk akses masuk serta keluar), pusat kota, dan di sekitar fasilitas publik. Menyoal tarif, harga yang ditentukan biasanya sudah mencakup desain hingga durasi pemasangan. Lokasi juga mempengaruhi bujet yang akan dikeluarkan klien. Semakin mudah dilihat atau sering dilewati, semakin tinggi pula tarifnya.

Bagaimana dengan karta papan iklan di motor? Berbeda dari billboard, karta papan iklan menggunakan teknologi sejak tahap awal. Pemilik kendaraan yang akan bermitra diminta melakukan pendaftaran di kantor atau menggunakan aplikasi. Setelah mendaftar dan dinilai memenuhi kriteria, barulah mereka diberikan penawaran membawa iklan. Rute yang harus ditempuh umumnya 300 kilometer dan bisa saja berubah sesuai kebutuhan klien. Jarak tempuh inilah yang nantinya akan menentukan penghasilan pengendara motor maupun anggaran yang disediakan klien yang berminat memakai karta papan iklan.

Mana yang lebih efektif: billboard atau karta papan iklan?

Jika diukur dari segi ukuran, billboard pasti langsung menang telak. Billboard berukuran raksasa bahkan dapat dilihat dari radius puluhan meter. Bukan cuma itu, media beriklan ini terpasang selama 24 jam, 7 hari, sehingga bisa dilihat orang-orang kapan pun di mana pun. Sementara itu ukuran karta papan iklan jauh lebih kecil dan hanya bisa ditangkap segelintir orang.

Akan tetapi, kalau membahas kecepatan, karta papan iklan menawarkan sejumlah keunggulan. Ukuran mungil media promosi ini tidak memakan waktu banyak untuk dibuat, jadi bisa langsung dipasang pada sepeda motor. Kemudian, karta papan iklan dapat menyentuh target yang tinggal di gang sempit atau padat penduduk—area yang relatif sulit dijangkau pemasangan billboard.

Semoga informasi ini membantu Anda mempertimbangkan karta papan iklan di motor dan billboard untuk promosi!

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!