Bagi para pelaku bisnis, hari-hari spesial sepanjang tahun menjadi momen krusial yang tak ingin dilewatkan begitu saja. Pada setiap musim liburan, kita akan sering melihat banyak merk bisnis mengeksekusi strategi promosi tertentu demi meningkatkan penjualan mereka. Sayangnya, banyak pebisnis yang belum maksimal dalam meluncurkan promosi khusus tersebut akibat beberapa kesalahan seperti perencanaan iklan promosi berdasarkan tema/momen yang kurang terukur dan promosi yang ditampilkan kurang menarik minat pelanggan.

Untuk itu, di sepanjang tahun 2019 sampai 2020 nanti, para pelaku bisnis harus benar-benar cermat dalam menyusun strategi pemasaran agar tak ketinggalan dalam mendulang keuntungan. Sebagai contoh, pada hari Jum’at pasca perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat, atau lebih dikenal sebagai Black Friday, menjadi momen bagi para merk memberikan promo bahkan diskon gila-gilaan untuk para konsumennya. Disertai oleh e-commerce disana yang memiliki event Cyber Monday, biasa diadakan di hari Senin setelah Black Friday.

Di Indonesia, kita mengenal event sejenis yaitu Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Harbolnas merupakan kegiatan tahunan yang digarap oleh berbagai e-commerce di Indonesia bersama sejumlah mitra, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012, kini Harbolnas telah menginjak tahun ke tujuh, dengan lebih dari 250 e-commerce yang berpartisipasi. Harbolnas diadakan pada setiap tanggal 9 September (9.9), 10 Oktober (10.10), 11 November (11.11), dan puncaknya pada 12 Desember (12.12). Para pegiat bisnis dan e-commerce akan total ‘menggempur’ para konsumen dan calon konsumen mereka dengan berbagai tawaran menarik- sebuah situasi ekonomi yang dipenuhi antusiasme dan kemeriahan.

Iklan Lightbox Shopee 10.10 BIG SALE di Area Belanja Bandara Kualanamu Medan

Iklan Lightbox Shopee 10.10 BIG SALE di Area Belanja Bandara Kualanamu Medan

 

Iklan Lightbox Shopee 10.10 BIG SALE di Area Belanja Bandara Kualanamu Medan

Iklan Lightbox Shopee 10.10 BIG SALE di Area Belanja Bandara Kualanamu Medan

 

Selain Harbolnas, kita juga akan menjumpai banyak hari besar dan hari libur nasional yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tak hanya menjadi momen untuk istirahat dari rutinitas sehari-hari, musim libur dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan jangkauan bisnis. Dalam waktu terdekat menjelang akhir tahun ini, terdapat deretan hari libur panjang seperti hari libur sekolah Semester 1 plus libur Natal dan Tahun Baru 2020. Musim libur ini dapat menjadi peluang promosi yang sangat menggiurkan bagi para merk bisnis atau penjual barang-barang kebutuhan perayaan Natal, makanan, minuman, fashion, paket wisata, hotel, restoran, tiket pesawat, tiket kereta, tiket kapal, layanan bimbel online, perlengkapan sekolah, dan sebagainya.

Baca juga: Spesial Ramadhan, Unilever Pasang Branding di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Sebagai rujukan, Anda dapat melihat timeline hari besar dan hari libur nasional periode Oktober 2019 sampai Juni 2020 dibawah ini:

 

Timeline Hari Besar dan Libur Nasional Okt 2018 - Juni 2020

Timeline Hari Besar dan Libur Nasional Okt 2018 – Juni 2020

 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan momen hari istimewa bagi bisnis, seperti berikut:

  • Sesuaikan dekorasi toko/website penjualan Anda sesuai tema momen yang dituju. Ini akan membantu Anda menciptakan suasana yang hangat dan cocok dengan mood pengunjung lapak bisnis Anda.
  • Ciptakan konten kampanye iklan dengan pendekatan emosional. Hasil sebuah riset dari The Institute of Practitioners in Advertising, menunjukkan kenaikan keuntungan sebanyak 31% dihasilan promosi pendekatan emosional. Sedangkan promosi pendekatan rasional menghasilkan kenaikan untung sebanyak 16%. Contoh dari cara ini ialah ketika beriklan di momen Ramadhan, Anda dapat membuat kampanye berisi pesan-pesan kebaikan seperti ajakan untuk berdonasi di setiap pembelian.
  • Memberi diskon khusus, voucher belanja dan promo-promo berhadiah dalam rangka merayakan momen istimewa bersama para konsumen.

 

Setelah melakukan tiga hal diatas, Anda harus memilih media iklan promosi yang tepat berdasarkan segmen audiens tujuan. Untuk Anda yang ingin meningkatkan profit penjualan sekaligus meningkatkan brand awareness, Anda dapat menggunakan dua media kuat untuk menjalankan promosi. Anda dapat memanfaatkan media sosial dalam berinteraksi secara langsung bersama followers mengenai produk, layanan, dan tawaran bisnis Anda.

Selanjutnya, Anda dapat memasang iklan promosi melalui media OOH (Out of Home). Ada beberapa jenis media yang umum digunakan yakni billboard, wall sticker, neonbox, pillar lightbox, LED screen, dan digital i-screen. Terletak di berbagai lokasi strategis seperti jalan utama kota, bandara maupun pelabuhan internasional, media OOH akan menampilkan iklan bisnis Anda tepat di hadapan audiens dari latar belakang beragam.  Penerapan teknologi media OOH dalam menjangkau ribuan calon konsumen selama 24/7 akan memaksimalkan engagement para audiens- bahkan saat Anda sedang menikmati liburan menyenangkan.

 

Tertarik untuk meningkatkan keuntungan bisnis di sepanjang musim potensial?

Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga dan dapatkan penawaran beriklan menarik hanya dari The Perfect Media!

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!