Contoh iklan promosi tersedia dengan cukup banyak, baik itu jenis promosi produk barang atau bahkan layanan jasa. Selain itu, media yang dapat digunakannya pun cukup banyak dimulai dari media cetak, online, penggunaan radio, tv, baliho atau reklame dan juga beragam jenis media iklan lainnya. Meskipun iklan seringkali tampil untuk tujuan komersial seperti halnya iklan promosi itu tadi, namun ada pula diantaranya iklan yang ditujukan untuk pemberian informasi serta pengumuman saja, jenis iklan tersebut dikenal sebagai layanan masyarakat dan tujuan penggunaannya pun untuk kepentingan sosial masyarakat bukan untuk mendapatkan keuntungan atau nilai ekonomi tertentu.

Berbicara mengenai iklan, ada beberapa karakteristik yang dimilikinya, seperti halnya :

  • Media komunikasi

  • Bentuk komunikasi non personal

  • Penggunaan media massa atau termasuk dalam bagian massifikasi pesan

  • Penggunaan sponsor yang tentunya sudah teridentifikasi

  • Bersifat persuasive

  • Memiliki tujuan untuk meraih audiens

Sementara itu, jika dilihat dari tujuan yang dimilikinya iklan juga dapat dibagi menjadi  3 jenis berbeda, diantaranya :

1. Iklan informative

Jenis iklan yang satu ini memiliki tujuan untuk membentuk atau bahkan menciptakan pengenalan serta kesadaran akan pengetahuan mengenai produk atau pun fitur baru dari produk yang telah ada

2. Iklan persuasive

Untuk iklan yang satu ini ia dikenal dengan tujuannya yang dapat menciptakan ketertarikan, preferensi serta bentuk keyakinan hingga konsumen atau target yang dituju pun mau membeli serta menggunakan produk barang atau bahkan jasa yang ditawarkannya itu tadi.

3. Iklan reminder

Selain beberapa iklan di bagian atas tadi, jenis iklan yang satu ini bertujuan agar mendorong pihak pembeli untuk melakukan pembelian secara berulang kali dari produk serta jasa yang ditawarkannya. Dengan kata lain iklan ini digunakan untuk menjaga kesadaran dari pihak konsumen akan produk barang serta jasa yang digunakan dan juga menjalin hubungan yang baik antara pihak produsen dengan konsumen yang dimilikinya.

Selain berdasarkan pada tujuan yang telah disebutkan di bagian atas tadi, contoh iklan promosi  juga hadir pada berbagai macam media berbeda yang digunakannya. Berikut ini adalah beberapa jenis media yang dapat digunakannya, diantaranya :

  1. Media cetak, seperti halnya majalah, koran, dan lainnya

  2. Media elektronik, seperti radio, televisi, website, dan lainnya

  3. Media transit, dimulai dari bulletin, spanduk atau poster, stiker dan juga beragam jenis media lainnya

Tidak hanya itu saja, ada pula beberapa cara yang dapat dilakukan untuk iklan promosi lainnya, yaitu bentuk kegiatan promosi yang dilakukan secara khusus. Seperti halnya penjelasan yang akan penulis jelaskan berikut ini :

Personal selling

Untuk promosi yang satu ini umumnya dikenal sebagai kegiatan promosi yang dilakukan secara personal atau perorangan. Hal ini umumnya dilakukan dengan menggunakan cara presentasi lisan dalam bentuk percakapan yang dilakukan dengan calon pembeli, hal ini juga ditujukan untuk merangsang pihak pembeli agar tertarik, sama halnya dengan kegiatan promosi yang dilakukan melalui media iklan di bagian atas tadi. Namun untuk penjualan yang dilakukan secara tatap muka umumnya hal ini diawali dengan kegiatan promosi yang dilakukan secara langsung, dalam artian dilakukan dari cara mendatangi pihak konsumen itu sendiri.

Sales promotion

Untuk iklan promosi yang satu ini dikenal sebagai bentuk promosi penjualan secara langsung yang bersifat persuasif. Hal ini berkaitan dengan penggunaan beragam insentif yang tentunya dapat digunakan dalam merangsang pihak pembeli untuk melakukan pembelian produk dengan lebih segera serta meningkatkan jumlah barang yang dibeli oleh pihak pelanggan itu sendiri.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beragam jenis contoh iklan promosi  yang dapat penulis jelaskan kali ini.

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!