Pada perhelatan Asian Games 2018 yang lalu, Canon melakukan branding yang sangat menarik dengan memasang iklan bertampilan besar serta terlihat sangat eksklusif pada sisi-sisi luar Minitrans Jakarta. Dengan begitu, iklan atau branding mereka dapat terlihat banyak orang di sekitar Jakarta karena¬† ‘terbawa’ oleh Minitrans yang beroperasi di ibukota. Selain itu, Anda tentu juga tahu bahwa kini Indonesia telah memiliki salah satu alat transportasi paling modern yakni MRT (Moda Raya Terpadu) Jakarta. Salah satu hal yang menarik adalah penggunaaan sisi luar MRT sebagai media iklan oleh brand sponsor “Le Minerale”.

Penggunaan media iklan seperti ini biasa disebut sebagai transit advertising. Transit advertising adalah salah satu jenis iklan luar ruang yang dipasang pada berbagai alat transportasi umum dan di tempat sekitarnya. Pemasangan iklan ini bisa diletakkan di sisi bus, kereta api, dan juga taksi. Bisa juga pada tempat seperti stasiun bus, stasiun kereta, dan area lapangan pesawat di bandara.

Keunggulan dari transit advertising adalah tingkat visibilitas yang tinggi dari banyak audiens melihat iklan. Transit advertising tidak bisa diganti seperti iklan yang ada di televisi dan radvertisingio apabila Anda tidak menyukai iklan tersebut. Transit advertising juga mampu menarget banyak sekali audiens dalam satu waktu. Meskipun demikian, dalam beriklan Anda tetap harus mempertimbangkan sasaran demografis dari iklan yang akan dipasang. Mempelajari sasaran demografis akan membantu Anda mencapai keberhasilan iklan yang terpasang secara maksimal.

Contoh:

Jika Anda menargetkan para pekerja yang berangkat setiap hari menggunakan transportasi umum, maka transit advertising cocok ditempatkan di bus dan kereta. Jika Anda menargetkan para wisatawan atau atau para pelaku bisnis yang sedang berkunjung ke suatu daerah, maka transit advertising cocok ditempatkan di sekitar stasiun kereta, stasiun bus, bahkan bus yang digunakan untuk transit penerbangan di bandara.

 

Contoh Transit Advertising pada bagian dalam Busway (Sumber: Bitebrands.co)

Contoh Transit Advertising pada bagian dalam Busway (Sumber: Bitebrands.co)

 

Mengapa Harus Memilih Transit Advertising?

Penggunaan transit advertising tidak hanya cocok digunakan untuk target orang-orang yang menggunakan transportasi umum besar seperti pesawat, bus dan kereta jarak jauh. Sudah banyak masyarakat kota besar yang lebih memilih menggunakan kendaraan umum seperti bus dan kereta untuk pergi menuju tempat kerja mereka setiap harinya. Selain mendapatkan manfaat transportasi, para penumpang transportasi umum biasanya memiliki kesempatan lebih seperti bisa belajar di dalam bus, bersantai, membaca buku, atau mengumpulkan ide-ide yang akan digunakan saat mereka beraktivitas. Bahkan, rata-rata para penumpang tersebut dapat menghabiskan waktu rata-rata 30 menit di dalam transportasi umum. Sungguh sebuah kesempatan yang sangat baik apabila dapat digunakan oleh para pemasang iklan, karena potensi tayang iklan yang sangat tinggi bagi para penumpang/audiens.

Namun, bagaimana jika target pasar adalah audiens kelas menengah ke atas?

Bukankah mereka lebih suka menggunakan kendaraan pribadi dalam aktifitas sehari-hari?

Sebenarnya, ketika Anda memasang transit advertising di dalam kendaraan transportasi umum seperti bus dan kereta, memang kemungkinan besar Anda sulit meraih perhatian dari audiens kelas menengah ke atas. Bagaimana solusinya? Tenang, Anda masih bisa memilih transit advertising sebagai media iklan yang tepat. Transit advertising dapat Anda pasang di sisi-sisi bus, sehingga setiap pengendara yang lewat atau berpapasan dapat melihat iklan yang Anda tampilkan. Dengan demikian, bukan hanya para pengendara atau audiens kelas menengah ke atas saja yang bisa Anda dapatkan, tapi juga para masyarakat atau audiens umum yang ada di sekitar sana.

Itulah sekilas tentang transit advertising serta keunggulan penggunaannya sebagai media iklan yang unik dan kreatif. Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila Anda ingin berkonsultasi tentang pemasangan iklan luar ruang yang efektif serta tepat sasaran, silakan hubungi langsung kami, The Perfect Media ke email: sales@perfectmediaoutdoor.com

 

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!